Sunday, September 20, 2009

CANCER



it's not a zodiac sign! saya bukan lagi membahas tentang zodiak cancer,lagipula untuk apa saya membahas itu.
fyi zodiak saya bukan cancer tapi gemini ah oke balik lagi ke topik.
ya! yang saya akan bahas disini adalah kanker penyakit terkutuk yang mematikan jutaan bahkan milyaran umat manusia.
seringkali pertanyaan pertanyaan dibawah ini hinggap di pikiran saya :
  • darimana sih kanker itu berasal?
  • siapa sih manusia yang pertama kali kena penyakit kanker?
  • bisa ga sih kanker di sembuhin?
  • sampai kapan sih kanker itu ada untuk membuat orang yang terkenanya bahkan orang yang tidak terkenapun ikut menderita?
sampai saat ini saya belum mendapat jawaban pasti dari semua pertanyaan pertanyaan itu.
why i try to make this post? it's hurt to write this,but this is the reality my family has been affected by cancer.

pertama di tahun 2002 saya kehilangan kakek dari ibunda saya dikarenakan kaker di rongga tenggorokannya saya kurang tahu jelas nama dari penyakit itu apa,ketika itu saya masih SD.
tapi itu sudah membuat saya sedih karena saya melihat keluarga saya dan bunda menangis!

selanjutnya, di tahun 2004. kami kehilangan inangtua (panggilan untuk kakak dari bunda) saya. dikarenakan kanker rahim dan tumor di payudara.
belum kering rasanya luka karena kehilangan seorang kakek namun saya harus kehilangan sosok ibu ke dua buat saya.saya tahu betul bagaimana perasaan sakit ketiga putra yang ditinggalkan inangtua saya.
dan lagi lagi saya melihat ibunda saya menangis! saya benci itu.

diatas penyakitnya ibunda saya menangis,menangis karena kehilangan orang orang yang dicintainya. ya,ibunda saya sudah lebih dulu didiagnosa mengidap penyakit mematikan ini oleh dokter. namun orang orang bilang "tidak terlihat ya wajah seperti orang sakit di wajahnya mamanya laura" selama kurang lebih 7 tahun terakhir bunda berusaha melawan penyakitnya,kami orang orang disampingnya memang tidak merasakan sakitnya secara fisik.tapi kami merasakan sakitnya perasaan kami ketika menemani bunda di rumah sakit untuk di operasi kesekian kalinya,sampai akhirnya terbaring dirumah sakit untuk mejalani operasi hingga 3 kali operasi. dan selesai menjalani itu bunda bilang ke saya "kayanya operasi ga mempan deh ka buat penyakit mama ini".perasaan saya marah,sedih.entah harus berkata apa saat saya mendengar bunda berkata kata seperti,mulai saat itu saya benci yang namanya penyakit kanker.
saya berteriak dalam hati "Kenapa ga ada yang bisa tolong sembuhin bunda?"

melihat bunda yang menjalani sinar dan kemoterapi yang harus membuat gugur rambut dikepala bunda,yang meihat bunda menyisir rambutnya dengan hati miris karena setiap ia menyisir rambutnya banyak dari helai rambut bunda gugur.perih.

saya kehabisan air mata,tapi saya terus berharap akan keajaiban.

banyak hal yang sudah kita coba dari hal yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal seperti alternatif mengunakan air putih berbotol botol yang harus diminum oleh bunda.kami juga sudah coba pengobatan di luar negri tepatnya di Penang-Malaysia untuk melawan penyakit ini.
mungkin disaat ini iman saya mulai goyah saya seakan akan tidak percaya akan mujizat Tuhan,saya merasakan kosong akan hal itu.
namun percayakah siapa yang meyakinkan saya untuk tetap percaya kepada mujizat Tuhan. Bunda,ya bunda orangnya yang selalu bilang sama saya. "Ka,mama percaya kamu pasti sedih ngeliat keadaan mama kaya gini. tapi kamu harus kuat untuk menghadapi ini semua.Tuhan selalu ada untuk kita ka.percaya itu,mama percaya ko sama mujizat.kita pasti akan rasakan itu,dibalik penyakit mama ini pasti ada rencana indah Tuhan ka." namun pancaran mata bunda yang sedih saat berkata kata itu tidak luput dari pandangan saya.

dalam hati saya "Laura kamu bodoh,bunda yang nguatin kamu.hei! kamu anaknya harusnya kamu yang memberi semangat sama bunda!"
mulai saat itu saya mencoba tegar saya selalu nemenin bunda ketempat pengobatannya,saya tidak pernah merasakan letih.
saya meminta dukungan dari saudara dan teman teman saya,dan betapa beruntungnya saya mereka mendukung saya.mungkin ucapan terimakasih saja tidak cukup untuk ini.

18 Januari 2009.
Tanggal dimana Tuhan sudah menetapkan kami harus berpisah selama lamanya dengan bunda.
tanggal dimana kekelabuan menyelimuti hati saya dan keluarga saya. serta semua orang orang yang merasakan ditinggalkan oleh bunda saya.
inilah mujizat itu,Tuhan sudah memberikan kesembuhan sejati untuk bunda.
Bunda sudah tidak merasakan penyakitnya.
kini saya yang merasakan sakitnya kehilangan bunda.
namun saya harus tegar menghadapi ini,saya tidak mau bunda kecewa dengan saya.

conclusions : Cancer is an ugly word, but we can't turn away and hope it will go away... take steps to prevent or become informed.

so i have a poem..
MOTHER & DAUGHTER

Mother and daughter
Were daughter and mother
Not so long ago.
We give and take
And take and give
Along time's endless row.

Love is passed
And love received
To be passed on again:
A precious heirloom
Twice, twice blessed,
A spiritual cardigan.

I'll put it on
And treasure it,
The me I have received,
And when the roles
Reverse again,
I'll have what I most need.

So may our love
Go on and on,
A hundred thousand years;
Mother and daughter,
Daughter and mother,
Through joys and other tears.

yes,mom we are mother and daughter forever.nobody can't take it change.
may you have a best rest with Our Father in Heaven mom.
I LOVE YOU MOM
regrads your daughter : Laura Caroline

No comments:

Post a Comment